Info Sekolah
Saturday, 22 Jan 2022
  • Selamat datang di website resmi SMK Negeri 1 Sukasada | Visi : Menjadi sekolah unggul, berdaya saing global, dan berlandaskan Tri Hita Karana.

BURSA KERJA KHUSUS (BKK) GAMA ACARYA SMK N 1 SUKASADA

Bursa Kerja Khusus (BKK) GAMA ACARYA SMK N 1 Sukasada merupakan bagian penting dari system pendidikan di SMK khususnya dalam usaha menyalurkan lulusan/alumni untuk bekerja di dunia usaha dan dunia industri. Mengingat persaingan dalam segala bidang sangatlah ketat diantaranya Sumber Daya Manusia (SDM) dan tenaga kerja, maka dari itu sekolah tidak hanya menyelenggarakan pendidikan untuk menghasilkan lulusan yang terampil dan memiliki kompetensi untuk bersaing di dunia usaha dan dunia industri, tetapi sekolah juga dituntut untuk mampu menyalurkan lulusannya ke dunia usaha dan dunia industry (DU/DI) atau instansi yang membutuhkan.

Dalam usaha membantu/menyalurkan lulusan tersebut kami sangat membutuhakn kerjasama yang baik dengan semua pihak terutama instansi terkait baik berupa mitra BKK maupun industri (perusahaan) yang ada.

1.1 VISI

Terwujudnya Bursa Kerja Khusus (BKK) yang unggul dalam pelayanan di bidang ketenagakerjaan dan berlandaskan Tri Hita Karana

1.2 MISI

  1. Mendorong perluasan kesempatan kerja dan penempatan kerja bagi tamatan SMK Negeri 1 Sukasada
  2. Meningkatkan pelayanan kepada peserta didik maupun tamatan SMK Negeri 1 Sukasada di bidang ketenagakerjaan.
  3. Mengembangkan system informasi ketenagakerjaan melalui pemanfaatan teknologi informasi.
  4. Mengembangkan kualitas SDM dengan melaksanakan pembelajaran berdasarkan kurikulum SMK pusat keunggulan.
  5. Menciptakan kultur belajar yang merdeka, inovatif, kompeten, dan berdaya saing sesuai dengan dunia kerja, baik bertaraf nasional maupun internasional.
  6. Menghasilkan lulusan yang memiliki jiwa kewirausahaan sesuai dengan perkembangan pasar global.
  7. Memperkuat karakter SDM yang menjunjung tinggi nilai ketuhanan, sosial budaya, dan lingkungan.

 1.3 TUJUAN

  1. Sebagai wadah dalam mempertemukan tamatan dengan pencari kerja.
  2. Memberikan layanan kepada tamatan sesuai dengan tugas dan fungsi masing-masing seksi yang ada dalam BKK.
  3. Sebagai wadah dalam pelatihan tamatan yang sesuai dengan permintaan pencari kerja
  4. Sebagai wadah untuk menanamkan jiwa wirausaha bagi tamatan 
  5. Terjadinya proses rekrutmen calon tenaga kerja dari tamatan SMK

 

STRUKTUR ORGANISASI

 

PROGRAM KERJA

  1. Mendaftar dan mendata pencari kerja yang telah menyelesaikan pendidikan dan pelatihannya;
  2. Melakukan bimbingan kepada pencari kerja lulusannya untuk mengetahui bakat, minat dan kemampuannya sesuai dengan kebutuhan pengguna tenaga kerja atau berusaha sendiri;
  3. Menjaring informasi tentang pasar kerja melalui iklan di media masa internet, kunjungan ke dunia usaha (industri maupun kerja sama dengan lembaga penyalur tenaga kerja dan Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi);
  4. Mencari dan mendata lowongan kesempatan kerja;
  5. Membuat filet informasi dan pemasaran lulusan SMK yang dikirim ke dunia usaha/industri yang terkait, dinas tenaga kerja dan transmigrasi;
  6. Melakukan proses tindak lanjut hasil pengiriman dan penempatan tenaga kerja melalui kegiatan penjajakan;
  7. Melakukan verifikasi sebagai tindak dari pengiriman dan penempatan yang dilakukan;
  8. Mencetak bentuk-bentuk formulir Kartu Antar Kerja;
  9. Mengadakan program bimbingan menghadapi tahapan proses penerimaan siswa dalam suatu pekerjaan (wawancara, psikotes);
  10. Kerja sama dengan kantor instalansi yang bertanggung jawab di bidang ketenagakerjaan baik provinsi maupun Kabupaten/Kota, PJTKI (Perusahaan Tenaga Kerja Indonesia), serta instansi yang terkait, LPPS (Lembaga Pelayanan dan penempatan Tenaga Kerja Swasta), outsourcing dan lain-lain dalam rangka mencari informansi pasar kerja, bursa kerja, pembinaan untuk berusaha sendiri, informasi ketenagakerjaan lainnya.

 

DOWNLOAD


Download Dokumen BKK